Image

Restorasi Pada Program Pemulihan Ekosistem TN Matalawa

Restorasi Pada Program Pemulihan Ekosistem TN Matalawa

Waingapu, 1 Desember 2018. Distribusi anakan serta penanaman pada program Pemulihan Ekosistem (PE) di blok hutan Tanamodu mulai dilakukan para pegawai serta masyarakat sekitar di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN. Matalawa). Kegiatan ini dilakukan sejak akhir bulan November saat curah hujan sudah mulai mengalami peningkatan. Kondisi ini berbeda dengan lokasi PE di SPTN Wilayah II yang telah mulai menanam pada awal November.

Kepala Balai TN Matalawa, Maman Surahman, S.Hut, M.Si, turut hadir dalam penanaman perdana di lokasi ini pada tanggal 1 Desember 2018. Kepala Balai menyampaikan pesan kepada para pegawai serta masyarakat yang menanam untuk tetap waspada terlebih pada musim kemarau. Kepala Balai melihat bahwa lokasi ini merupakan lokasi yang sering terbakar karena terdapat tanda-tanda bekas terbakar pada permukaan rumput dan alang-alang.

Pada tahun 2018 ini, luas lokasi PE di blok hutan Tanamodu ± 128 ha yang menggunakan 2 metode yaitu restorasi dan mekanisme alam. Sedangkan pada tahun berikutnya, di tahun 2019, PE di Tanamodu akan menggunakan metode rehabilitasi dengan luas ± 22 ha.(dpn/mtlw)

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Informasi lainnya klik disini